XAMPP, Pengertian Dan Bagian Serta Fungsinya

Instalan komputer salah satunya Microsoft Windows, tidak mendukung beberapa keperluan untuk membuat sistem dalam mengembangkan website offline. Sedangkan untuk membuat sebuah situs web offline yang dinamis memerlukan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Maka dari itu diwajibkan untuk men-download aplikasi web server seperti XAMPP.

Nah, jika anda kerap berkenalan dan menjalani dunia web pasti anda pernah mendengar software xampp bukan? Namun bagi sebagian orang mungki belum akrab dengan apa itu XAMPP. Maka dari itu, dibawah ini anda dapat menyimak penjelasan mengenai pengertian, fungsi serta bagian-bagian dari XAMPP.

Pengertian XAMPP

XAMPP adalah software aplikasi pengembang yang digunakan untuk pengembangan website berbasis PHP dan juga sebagai server untuk local dalam pembuatan database dengan MySql. XAMPP merupakan software yang mudah digunakan, gratis dan mendukung instalasi di Linux dan Windows.

XAMPP merupakan tool yang menyediakan paket perangkat lunak ke dalam satu buah paket. Dengan menginstall XAMPP maka tidak perlu lagi melakukan instalasi dan konfigurasi web server Apache, PHP dan MySQL secara manual. XAMPP akan menginstalasi dan mengkonfigurasikannya secara otomatis untuk anda atau auto konfigurasi.

XAMPP dikembangkan dari sebuah tim proyek yang bernama Apache Friends, terdiri dari Tim Inti (Core Team), Tim Pengembang (Development Team) & Tim Dukungan (Support Team). Sampai saat Apache friend masih mengembangkan aplikasi xampp ini. Namun tahukah anda jika masing-masing huruf dari kata Xampp memiliki maknanya tersendiri, seorang pengguna web harus tahu apa arti dari kata Xampp ini. Berikut ini penjelasan dari bagian-bagian XAMPP:

  • X, Kenapa disebut dengan system operasi? Karena XAMPP bisa dijalankan di 4 OS besar yang sering digunakan oleh pengguna komputer saat ini. Dan 4 OS tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah Windows, Linux, Mac OS dan Solaris.
  • A(Apacahe) merupakan aplikasi web server. Apache ini bersifat opensource yang berarti gratis dan bisa diedit oleh penggunanya. Tugas utama Apache adalah menghasilkan halaman web yang benar kepada user berdasarkan kode PHP yang dituliskan oleh pembuat halaman web. jika diperlukan juga berdasarkan kode PHP yang dituliskan,maka dapat saja suatu database diakses terlebih dahulu (misalnya dalam MySQL) untuk mendukung halaman web yang dihasilkan.
  • M adalah untuk mewakili MSQL. Perkembangannya disebut SQL yang merupakan kepanjangan dari Structured Query Language. SQL merupakan bahasa terstruktur yang digunakan untuk mengolah database. MySQL dapat digunakan untuk membuat dan mengelola database beserta isinya. Kita dapat memanfaatkan MySQL untuk menambahkan, mengubah dan menghapus data yang berada dalam database.
  • P dalam xampp berarti php. Dalam xampp struktur utama pemogramannya banyak menggunakan pemograman web php. Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman untuk membuat web yang bersifat server-side scripting. PHP memungkinkan kita untuk membuat halaman web yang bersifat dinamis. Sistem manajemen basis data yang sering digunakan bersama PHP adalah MySQl. Namun PHP juga mendukung sistem management database Oracle, Microsoft Access, Interbase, d-base, PostgreSQL.
  • Huruf P ini mewakili Perl. Perl adalah bahasa pemrograman untuk segala keperluan, dikembangkan pertama kali oleh Larry Wall di mesin Unix. Perl dirilis pertama kali pada tanggal 18 Desember 1987 ditandai dengan keluarnya Perl 1. Pada versi-versi selanjutnya, Perl tersedia pula untuk berbagai sistem operasi varian Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC. Dukungan terhadap pemrograman berbasis objek (object oriented programming/OOP) ditambahkan pada Perl 5, yang pertama kali dirilis pada tanggal 31 Juli 1993. Proyek pengembangan Perl 6 dimulai pada tahun 2000 dan masih berlangsung hingga kini tanpa tanggal yang jelas kapan mau dirilis. Ini dikatakan sendiri oleh Larry Wall dalam satu pidatonya yang dikenal dengan seri The State of the Onion.

Melalui XAMPP ini para web developer dapat menguji aplikasi web yang dikembangkan dan mempresentasikan secara langsung kepada orang lain tentang web yang dibangun pada komputer tanpa memerlukan koneksi internet, istilahnya membuka web secara offlline.

XAMPP juga berperan sebagai local host, yaitu server yang dapat digunakan sebagai hosting website, sehingga dapat digunakan dalam mengembangkan aplikasi web berbasis database juga. Software XAMPP ini banyak digunakan oleh kalangan pemrograman web, di mana para pembuat web ini dapat membangun web tanpa bantuan koneksi internet.

Bagian-Bagian XAMPP

XAMPP bisa dijalankan di 4 platform OS, yaitu Windows, Linux, Mac OS dan Solaris Pada XAMPP terdapat Apache yang merupakan aplikasi web server yang bersifat opensource. Opensource artinya dapat diperoleh secara gratis dan dikembangkan oleh setiap orang. XAMPP merupakan kepanjangan X (sistem operasi), Apache, MySQL, PHP, Perl.

Bagian XAMPP yang biasa digunakan pada umumnya:

  • htdoc adalah folder tempat meletakkan berkas-berkas yang akan dijalankan, seperti berkas PHP, HTML dan skrip lain.
  • phpMyAdmin merupakan bagian untuk mengelola basis data MySQL yang ada dikomputer. Untuk membukanya, buka browser lalu ketikkan alamat http://localhost/phpMyAdmin, maka akan muncul halaman phpMyAdmin.
  • Kontrol Panel yang berfungsi untuk mengelola layanan (service) XAMPP. Seperti menghentikan (stop) layanan, ataupun memulai (start).

PHPMyAdmin adalah perangkat lunak bebas yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL melalui Jejaring Jagat Jembar (World Wide Web). PHPMyAdmin mendukung berbagai operasi MySQL, diantaranya (mengelola basis data, tabel-tabel, bidang (fields), relasi (relations), indeks, pengguna (users), perijinan (permissions) dan lain-lain).

Pada dasarnya, mengelola basis data dengan MySQL harus dilakukan dengan cara mengetikkan baris-baris perintah yang sesuai (command line) untuk setiap maksud tertentu. Jika seseorang ingin membuat basis data (database), ketikkan baris perintah yang sesuai untuk membuat basis data. Jika seseorang menghapus tabel, ketikkan baris perintah yang sesuai untuk menghapus tabel. Hal tersebut tentu saja sangat menyulitkan karena seseorang harus hafal dan mengetikkan perintahnya satu per satu.

Fungsi XAMPP

Fungsi XAMPP sendiri adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri beberapa program antara lain: Apache HTTP Server, MySQL database dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl.

Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis dengan PHP secara offline karena XAMPP memiliki Apache sebagai server HTTP local. Kita juga dapat membuat database dengan adanya MySQL sebagai DBMS menggunakan phpMyAdmin.

Kelebihan menggunakan XAMPP sebagai web server software adalah sebagai berikut :

  1. XAMPP berjalan pada background sehingga bisa tidak mengganggu aktivitas lainnya.
  2. Service tetap berjalan jika sistem di-log off, karena jika sebagai server, pengaturan lalulintas data harus tetap berjalan. (Jika kita merupakan admin).
  3. Dapat membatasi kewenangan tiap akun yang mengakses, jadi keamanan lebih terjamin.

Dengan xampp kita dapat membuat berbagai macam project website seperti menginstal cms wordpress, atau cms prestashop. Gimana guys? Sudah pahamkan dengan penjelasan diatas untuk itu kalian-kalian pasti sudah tahu dong kalo mau membangun website yang dinamis dan menggunakan database, XAMPP adalah jawabannya.

Related Articles

Close