Apa Itu SSL? Berikut Penjelasannya

Ini merupakan hal yang sangat akrab dalam dunia internet. Dimana SSL ini biasa digunakan untuk mengirim data tanpa khawatir dengan bocoran data yang ada di dalamnya. Ini merupakan situs web yang di amankan untuk mencegah pencurian data pada saat proses transaksi. Biasanya ini digunakan di berbagai perusahaan dalam mengirim dokumen melalui sebuah website. Dimana data yang dikirim akan selalu aman tanpa ada masalah dan ini juga tidak akan dapat disadap oleh siapapun yang ada di internet. Dan disini saya bahas lebih dalam lagi mengenai SSL tersebut.

Pengertian SSL (Secure Socket Layer)

SSL atau Secure Socket Layer adalah sebuah situs web membuat sambungan keamanan di bidang teknologi dengan browser web pengguna. Transmisi data seperti informasi kartu kredit, nama pengguna dan password account, semua informasi sensitif lain harus diamankan untuk mencegah eavesdropping, pencurian data pada saat proses transaksi online dan lain-lain. Pada website dengan SSL maka alamatnya berubah menjadi https dan muncul tanda padlock (gembok) di address bar browser yang bisa di-klik untuk melihat jenis SSL, teknologi enkripsi yang dipakai dan siapa identitas pemilik website.

Hal ini sangat penting, karena informasi yang kita kirimkan di Internet membutuhkan proses perjalanan dari komputer ke komputer lain melalui jaringan internet sampai mencapai server tujuan. Dengan SSL Certificate data jadi terenkripsi sebelum melakukan transmisi melalui internet. SSL ini memastikan bila seluruh data yang masuk dan keluar (I/O) yang melewati web server dan browser tetap aman dan terintegral.

Ini juga merupakan salah satu standard yang digunakan oleh jutaan situs web yang diterapkan oleh industri untuk melindungi penjual serta pembeli dalam bertransaksi online. Setelah menggunakan SSL, data pada website anda tidak akan bisa dibaca oleh pihak luar. Karena, data pada website kita tersebut sudah dienkripsi SSL. Web server harus memiliki sertifikat SSL sebelum dapat membuat koneksi SSL.

Ketika seseorang mengaktifkan protokol SSL di server web mereka, mereka diminta untuk menjawab pertanyaan yang akan membangun identitas mereka. Dengan menggunakan SSL data jadi terenkripsi sebelum melakukan ternsmisi melalui internet. Data ini dapat dikodekan setelah terenkripsi oleh server, dimana anda telah benar-benar mengirimkannya sendiri.

Setelah melakukan ini, maka hal tersebut menjadi jaminan bahwa informasi yang anda kirimkan ke situs web tidak akan dicuri atau di rusak orang lain. Sehingga ini merupakan sebuah protocol pada layer transport yang menggunakan algoritma yang berbeda untuk membentuk keamanan dengan sistem otentikasi menggunakan sertifikat, enkripsi, pemeriksaan integritas dan algoritma pertukaran kunci sesi pada jaringan.

SSL memungkinkan informasi sensitif seperti data kartu kredit, username, password dan informasi penting ditransmisikan cari server ke client atau sebaliknya dengan aman karena data yang dikirim akan diaca (dienkripsi). Ketika sertifikat SSL digunakan, informasi menjadi tidak dapat terbaca oleh siapapun kecuali ke server yang memang dituju saat mengirim informasi tersebut. Hal ini melindungi informasi tersebut dari hackers dan pencuri identitas.

SSl Certificate memiliki sepasang kunci yaitu :

  • Public Key : Ketika koneksi terenkripsi (secure connection) antara brower dan server terbentuk, maka public key akan diberikan ke browser bersama dengan certificate untuk digunakan di browser dalam mengenkripsi data yang akan dikirim ke server.
  • Private Key : Server digunakan untuk mendecrypt informasi terenkripsi dari brwoser. Selain itu, ini sangat bersifat rahasia yang tidak boleh di bocorkan atau diketahui, karena kunci ini berguna untuk membongkar enkripsi data ke server.

Informasi SSL certificate dibagi menjadi 2 yaitu, Certificate Authority atau CA sebagai informasi pemberi certificate dan user / organisasi pemilik website sebagai penerima Certificate.

Fungsi SSL

Fungsi utamanya adalah untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan data ketika melakukan transaksi. Dari keamanan tersebut diharapkan turut menciptakan kepercayaan dan rasa aman ketika pengunjung website melakukan transaksi di website anda. Selain itu, SSL juga menyediakan infrastruktur komunikasi standar yang memungkinkan sebuah aplikasi dapat menggunakan infrastruktur tersebut dengan mudah dan hampir tidak terlihat. Hal ini sangat penting, karena informasi yang anda kirimkan di Internet membutuhkan proses perjalanan dari komputer ke komputer sampai mencapai server tujuan.

Maka Anda akan mendapatkan kepercayaan, keamanan, meningkatkan konversi dan akhirnya dapat menambah revenue dari Website anda. SSL Certificate itu sendiri adalah kode rahasia besar, yaitu dengan ukuran mulai dari 1.024 Bit, 2048 Bit hingga 4096 Bit. SSL Certificate kode ini harus diinstal pada server di mana situs web nama domain dijalankan. Ketika Anda mengakses situs web dijamin dengan sertifikat, Anda akan melihat gembok emas pada browser Anda. Dari keamanan tersebut diharapkan turut menciptakan kepercayaan dan rasa aman ketika pengunjung website melakukan transaksi di website anda.

Manfaat dari SSL

Seperti yang sudah di jelaskan di atas tadi bahwa SSL (Secure Socket Layer) adalah teknologi keamanan standar untuk mendirikan sebuah link yang terenkripsi antara server dan klien, biasanya dikenal dengan server web (website) dan browser; atau email server dan email klien. Berikut merupakan manfaat dari SSl tersebut :

  • Mengamankan transaksi yang ada di website dengan enkripsi termasuk data kartu kredit, password
  • Menjaga informasi sensitif selama dalam proses pengiriman melalui internet dengan cara dienkripsi
  • Melindungi Pencurian Data Dalam Bentuk Pemalsuan (Phising)
  • Mampu meningkatkan penjualan di dalam website, dikarenakan kepercayaan konsumen yang tinggi terhadap keamanan situs Anda
  • Meningkatkan SERP dalam mesin pencarian, seperti google dan mesin pencarian lainnya.
  • Meningkatkan prestisius perusahaan Anda dengan green bar dan nama perusahaan di address bar browser

Mengembangkan bisnis online melalui website, browser akan memberikan isyarat tervisualisasi seperti ikon kunci atau bar warna hijau untuk memastikan dan memberitahu kepada pengunjung website

Selama proses aplikasi SSL Certificate, Otoritas Sertifikasi akan memvalidasi data Anda dan mengeluarkan Sertifikat SSL dengan berisi rincian yang memungkinkan Anda untuk menggunakan SSL.

  1. Proses enkripsi menggunakan SSL
  2. Browser meminta koneksi SSL (SSL Hello)
  3. Server membalas permintaan dengan mengirimkan SSL Certificate yang berisi Public key
  4. Client menerima dan memfalidasi kesalahan certificate tersebut (ngecek pihak CA yang menandatangi ,masa berlaku, owner dll)
  5. Client membuat Symmetric Encryption key (sering disebut session key) untuk mengenkripsi session key dengan public key yang ada di dalam certificate kemudian mengirimkannya ke server.
  6. Server medekripsi dengan private key data dari client yang berisi symmetric session key, digunakan untuk mengirim data dari server ke client

Keuntungan Dan Kerugian SSL

SSl dapat membuat koneksi antar server dengan browser agar lebih aman. Hal ini berguna untuk memastikan data yang dikirim dari server ke browser tanpa melalui server lain. Tapi, jangan salah SSL ini memang banyak membantu dalam penyimpanan data. Namun bukan berarti SSL ini tidak memiliki kekurangan. Untuk itu, berikut adalah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki SSL tersebut.

Keuntungan

Hal Ini akan menjaga internet dari serangan hacker dan memberi banyak manfaat langsung kepada. Kelebihannya adalah sebagai berikut

  • Authentication : Sistem ini memungkinkan anda untuk dapat memastikan pesan yang diterima berasal dari orang atau user yang memang tersurat.
  • Confidentiality : Sistem ini memungkinkan anda untuk dapat melindungi pesan dari orang-orang yang tidak berhak untuk membaca pesan tersebut selama pesan tersebut dikirimkan (dalam lalu lintas data.
  • Integrity :Sistem ini anda dapat memastikan bahwa pesan tersebut asli dan tidak mengalami perubahan data selama dalam perjalanan pengiriman. Google sebagai raksasa search engine juga telah mengeluarkan pernyataannya terkait website yang menggunakan protokol SSL.

Kekurangan

Dengan begitu banyaknya keuntungan, bukan berari SSL ini tidak memiliki kekurangan. Apakah ada kerugian untuk menggunakan SSL? Salah satu kekurangannya adalah masalah biaya, ini sangat terlihat jelas.

  • Hampir setiap browser memang sudah mendukung protokol SSL, tapi bagi pengguna yang masih menggunakan browser versi lama, tentu akan kesulitan mengakses website yang menggunakan protokol SSL.
  • Browser yang anda gunakan tidak kompatibel dengan sertifikat SSL untuk meminta konfirmasi/persetujuan saat mengunjungi situs web
  • Jika pindah hosting, maka anda harus menggenerate CSR Code yang baru dan menggenerate CRT baru tersebut harus di tempat anda membeli SSL
  • Membutuhkan sumber daya tambahan pada server dimana informasi yang Anda kirim mesti di-encrypt oleh server

Jenis-Jenis SSL

Dalam hal ini SSL menyediakan suatu komponen vital pada sebuah system dengan keamanan terjamin. Jenis-jenis SSL adalah sebagai berikut:

  • SSL Single Domain

Ini adalah salah satu jenis SSL yang hanya melindungi satu site dalam satu domain saja. SSL jenis ini hanya berlaku untuk main domain ATAU satu sub domain saja.

  • Organization Validation SSL Certificates

OV SSL Certificates merupakan sertifikat SSL di bawah EV SSL Certificates, dimana dalam setiap proses pembuatannya CA melakukan pengecekan kepemilikan domain dan Informasi organisasi pada pembuatan SSL jenis ini. SSL ini memerlukan dokumen berupa data organisasi atau persusahaan untuk verifikasinya. SSL ini biasa dipakai untuk website sebuah organisasi atau perusahaan.

  • Extended Validation SSL Certificate

Jenis SSL terakhir yang perlu diketahui pengguna web hosting adalah Extended Validation (EV) SSL Certificate, merupakan standar validasi tertinggi terhadap sebuah organisasi atau perusahaan. SSL jenis ini dikategorikan sebagai yang paling premium, karena dinilai memberikan nilai prestise tersendiri pada sebuah website.

Proses pembuatan SSL jenis ini lebih ketat dari jenis lainnya CA, selaku Otoritas Penerbit Sertifikat Digital akan melakukan:

  • Verifikasi terhadap legal, fisik, dan operasional dari entitas perusaahan.
  • Veridikasi identitas dan entitas yang merequest SSL benar-benar sesuai.
  • Verifikasi bahwa entitas mempunyai hak ekslusive untuk menggunakan domain tersebut.

Nah,, itu dia pejelasan mengenai SSL tersebut. Dimana SSL hanya bertugas untuk melindungi data webiste dengan men-enkripsi data, baik yang dikirimkan atau di tampilan. Jika anda mengirim data melalui SSl ini, maka saat sedang melakukan transaksi semua datanya akan terjaga dalam proses transaksi atau pertukaran data dengan website tersebut. Untuk itu, ini sangat penting untuk mengindahkan fitur keamanan sebuah web yang mana salah satunya berupa SSL. Bagaimana sekarang setelah membaca ulasan di atas? apakah anda lebih memahaminya? Semoga ulasan ini dapat membantu dan menambah wawasan anda.

Related Articles

Close