Apa Itu Bitcoin? Yuk Cari Tau Artinya Dan Apa Bedanya Dengan Uang

Pernahkah anda mendengar yang namanya Bitcoin? Inilah yang sempat marak akhir-akhir ini dimedia dan yang lainnya. Lantas, apa saja yang anda ketahui mengenai Bitcoin? Bitcoin yang dimaksudkan disini adalah sebuah alat pembayaran yang bersifat elektronik dimana kehadirannya telah ada sejak tahun 2009 yang lalu oleh sekelompok yang bernama Satoshi Nakamoto.

Apa Saja Fitur Yang Ada Pada Bitcoin?

Uang elektronik yang dibuat oleh Satoshi Nakamoto ini sudah ada sejak tahun 2009. Bitcoin tidak tergantung dengan mempercayai penerbit utama. Bitcoin menggunakan sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node-node dari sebuah jaringan P2P ke jurnal transaksi, dan menggunakan kriptografi untuk menyediakan fungsi-fungsi keamanan dasar, seperti memastikan bahwa bitcoin-bitcoin hanya dapat dihabiskan oleh orang memilikinya, dan tidak pernah boleh dilakukan lebih dari satu kali.

Terdengar memang sedikit ribet dari uang yang biasa kita gunakan sebagai alat transaksi. Nah untuk mengenalnya lebih dalam lagi. Berikut ini adalah beberapa fitur yang terdapat pada bitcoin.

1. Transfer instant secara Peer to Peer

Peer to peer yang dimaksudkan disini adalah beroperasi tanpa adanya server pusat. Walaupun demikian, pengguna bisa mendapatkan server yang sudah terhubung pada jaringan.

2. Transfer kemana saja

Dalam hitungan detik, bitcoin bisa saja dikirimkan kemana saja sesuai dengan apa yang diinginkan. Untuk ingin mengirim uang dengan Bitcoin, bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone dan lain sebagainya.

Seperti yang telah dikatakan dimana bitcoin bisa dikirim tanpa adanya batasan waktu dan tempat tentunya dengan syarat tersambung dengan internet.

3. Biaya Transfer Sangat Kecil

Tidak berlaku adanya biaya pengiriman. Agar setiap transaksi berjalan dengan lancar, biasanya akan ada potongan biaya dari Rp500 hingga Rp3.000 dan tidak membatasi seberapa besar rupiah yang akan dikirimkan.

4. Transaksi bersifat irreversible

Setiap melakukan transaksi atau pengiriman, tidak dapat dibatalkan kecuali mengirimkannya kembali.

5. Transaksi bersifat pseudonymous

Setiap melakukan transaksi, saldo bitcoin bisa terlihat. Akan tetapi, pemilik bitcoin tidak dapat diketahui apabila yang memilikinya tidak memberitahukan.

Sesuai dengan yang dijelaskan diatas, pemiliknya bebas memilih untuk memunculkan namanya atau tidak. Walaupun ingin dirahasiakan, tetapi setiap transaksinya dapat diketahui oleh publik.

6. Bitcoin tidak dikontrol oleh lembaga atau pemerintah apapun

Disini dikatakan database Blockchain yang digunakan tidak dapat terkontrol oleh suatu pihak dan berlaku untuk semua sehingga tidak berpeluang bagi mereka yang ingin menduplikatkan transaksi di Blockchain.

Transaksinya biasanya dilakukan dengan langsung hingga tersebar pada server. Bagi yang ingin melakukan pemalsuan, pihak yang bersangkutan harus melakukan pembobolan server.

7. Jumlahnya terbatas

Bitcoin dikatakan memiliki jumlah yang terbatas dan dikatakan jumlahnya hanya berkisar 21 juta bitcoin di seluruh dunia.

Situs Yang Dapat Digunakan Menambang Bitcoin

Untuk mendapatkan bitcoin, ada beberapa situs yang dapat digunakan seperti yang disebutkan setu-demi satu dibawah ini.

1. FreeBitco.in

Untuk mendapatkan bitcoin, bisa didapatkan melalui situs ini. Situs ini dikatakan biasanya akan memberikan kepada yang ingin memilikinya sekitar 0,00000678 – 0,75674653 bitcoin per BTC setiap sekali 60 menit.

Situs ini juga menyediakan alarm apabila sudah melewati menit ke 60, maka pemburunya bisa melakukan ulang untuk mendapatkannya.

2. ClaimBTC.com

Ini hampir sama dengan situs yang ada di atas dimana pemburunya dikatakan akan mendapatkan bitcoin sebanyak 62 hingga 160 dan waktunya lebih singkat dari 10 hingga 20 menit sekali.

3. ePay.info

Inilah yang disebut sebagai sumbernya faucet BTC, Doge dan Lite dimana situs yang satu ini sangat dianjurkan bagi mereka yang ingin memiliki bitcoin tanpa harus ditentukan oleh waktu.

4. Moonbit.co.in

Bitcoin dikatakan memiliki berbagai macam variasi atau satuan terkecil dalam bitcoin. Setiap 15 menit, alarm akan berbunyi.

5. Bitcoinker.com

Ini juga situs yang bisa memberikan anda bitcoin dari 100 hingga 500 setiap 15 menit dan bisa langsung terkirim ke wallet utama.

Kelebihan Dan Kekurangan Bitcoin

Sebagai alat pembayaran elektronik, bitcoin memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan yang akan dijelaskan pada berikut ini.

1. Keamanan

Bitcoin tidak seperti uang pada umumnya yang bisa dipalsukan. Seperti apa yang kita lihat pada gambar, bitcoin memiliki lambang yang sangat susah untuk diduplikatkan.

2. Mampu berperan sebagai mata uang global

Seperti apa yang kita ketahui, masing-masing negara memiliki mata uang sendiri walaupun itu berbeda-beda. Akan tetapi bitcoin tidak berbeda pada setiap negara serta juga pengaruh lainnya dalam hal pemerintahan ataupun sebagainya.

3. Sebagai pelindung dari inflasi

Bitcoin dikatakan hampir sama dengan emas dimana bitcoin sangat berperan penting dari inflasi. Bitcoin juga mampu mengendalikan peningkatan inflasi.

4. Tabungan

Bitcoin juga bisa dianggap sebagai tabungan baru yang tidak membuang-buang waktu anda alias tidak merepotkan. Tidak hanya bernilai dapat bentuk tabungan, juga tidak membutuhkan perantara keuangan seperti apa yang ada pada Bank pada umumnya. Lain dari itu, pemiliknya juga tidak harus menanggung biaya registrasi.

Dari kelebihannya yang ada di atas, ternyata juga menyimpan beberapa kekurangan yaitu:

1. Tidak Stabil

Untung-untungan adalah sifat dari bitcoin. Mengapa dikatakan demikian? Ini dikarenakan banyak perusahaan tidak menggunakan Bitcoin sebagai alat pembayaran.

2. Sangat berisiko hilang atau dicuri

Layaknya untuk kita ketahui, bitcoin yang dianggap sebagai mata uang masa depan dikatakan tersimpan dalam bentuk file digital atau yang juga bisa disebut sebagai wallet file. Walaupun demikian, wallet file yang disimpan hard disk bisa saja mengalami kerusakan dengan waktu yang tidak dapat dipastikan. Virus yang mempengaruhi hard disk juga bisa menyebabkan bitcoin menghilang walaupun sudah tersimpan.

3. Alat pencucian uang

Bitcoin yang pernah dianggap sebagai mata uang masa depan dikatakan penggunaannya tidak terkontrol oleh pihak yang berhak atau berwenang. Ini bisa mengakibatkan adanya pencucian uang serta juga menghindarkan pajak.

Apa risiko Bitcoin?

Seperti biasanya, setiap keluaran teknologi terbaru seperti bitcoin, tahap awal pasti banyak yang menggunakannya. Bagi anda yang menggunakannya, apakah anda yakin akan bertahan selamanya walaupun memiliki resiko yang seperti ini.

Dari kehadirannya yang telah ada sekitar beberapa tahun lalu atau lebih tepatnya di tahun 2009 silam, pada saat itu bitcoin dianggap sebagai hasil teknologi luar biasa yang dinilai sebagai mata uang terbaru. Akan tetapi kehadirannya itu tidak menutup kemungkinan jauh dari resiko.

Layaknya untuk kita ketahui, bitcoin juga tidak terhindar dengan aturan-aturan seperti apa yang ada pada uang pada umumnya seperti penyimpanan yang sembarangan dan lain sebagainya.

Masih banyak lagi resiko yang mungkin akan terjadi. Bitcoin juga terkenal dengan sifatnya yang bisa naik dan turun tidak seperti mata uang yang lainnya. Meskipun bitcoin mengalami kestabilan, dilain waktu pasti akan mengalami ketidakstabilan atau naik dan turun.

Bitcoin dikatakan hampir sama dengan uang tunai dimana setiap transaksinya tidak bisa dibatalkan. Apabila pengiriman tidak tertuju pada orang yang dimaksud sulit bahkan tidak bisa dibatalkan serta juga tidak dapat diambil kembali apabila mengalami kecurian bitcoin yang diakibatkan pembobolan atau diretas. Tidak hanya itu saja, bitcoin yang tidak disertai dengan identitas dan terjadinya kehilangan bitcoin, maka layanan yang menyediakan bitcoin tidak bisa menggantinya.

Bitcoin biasanya akan meningkat sesuai dengan jumlah orang atau perusahaan yang menggunakannya. Apabila bitcoin mengalami peningkatan, sudah tentunya baik bagi bitcoin itu sendiri. Tetapi jika jumlah yang menggunakannya semakin lama semakin menurun, maka akan memberikan pengaruh yang tidak enak tentunya bagi bitcoin tersebut.

Perbedaan Bitcoin Dengan Uang Konvensional

Uang merupakan alat pembayaran yang ada pada setiap negara. Kini ada juga yang namanya bitcoin yang dianggap sebagai mata uang masa depan. Walaupun sama-sama dikatakan sebagai mata uang, akan tetapi keduanya memiliki perbedaan yang sangat menonjol. Seperti apakah perbedaannya? Berikut penjelasannya.

Jumlah Bitcoin terbatas. Walaupun bitcoin dikatakan banyak yang mengggunakannya, akan tetapi jumlah yang dikeluarkan sangat terbatas. Ini tidak seperti dengan jumlah uang tunai yang dikeluarkan.

Bitcoin adalah produk kompleks. Walaupun perkembangan bitcoin dikatakan meningkat, akan tetapi peredarannya masih terbatas. Bitcoin dikatakan masib belum tersebar luar ditoko-toko dan tidak seperti uang yang bisa digunakan tanpa adanya batasan apapun.

Transaksi Bitcoin memiliki keterbatasan. Setiap melakukan transaksi terhadap bitcoin, seperti apa yang dikatakan, pasti membutuhkan waktu setidaknya 10 menit untuk dapat dikonfirmasi. Apabila terjadi kesalahan, setiap transaksi bitcoin diktakan bisa diubah. Ini sangat berbeda dengan uang yang pada umumnya dimana setiap transaksinya dapat terselesaikan tidak sampai memakan waktu hingga 1 menit.

Biaya transaksi lebih murah. Dalam setiap melakukan transaksi bitkoin, jangan khawatir karena setiap transaksinya tidak memerlukan biaya mahal dan dapat dilakukan diberbagai negara. Tidak seperti dengan uang pada umumnya pada saat melakukan pengiriman ke negara yang berbeda, biasanya akan memerlukan tambahan biaya dan prosesnyapun cukup mamakan waktu.

Transaksi Instan. Setiap melakukan transaksi bitcoin, sangat sederhana sekali seperti dengan cara peer-to-peer. Sangkin instannya, bitcoin sama sekali tidak berhubungan atau tidak dikendalikan oleh pemerintahan setempat. Ini dikarenakan setiap transaksinya langsung terhubung berdasarkan alamat bitcoin penerima.

Tidak ada jaminan. Seperti apa yang dijelaskan sebelumya, tidak menutup kemungkinan kehilangan bitcoin apabila mengalami masalah pada perangkat yang digunakan.

Perbedaan Emas Dan Bitcoin

Pada masa kejayaannya, bitcoin pernah disebut sebagai emas digital karena harganya yang pernah melambung tinggi. Lalu, bagaimana dengan emas? Apakah yang membedakan emas dengan bitcoin? Simak penjelasannya dibawah ini.

1. Harga emas lebih stabil daripada bitcoin

Walaupun bitcoin pernah mengalami kenaikan harga dan pada saat mengalami penurunan, maka harganyapun sangat terjangkau sekali. Bitcoin sering mengalami ketidakstabilan hingga ratusan Dollar. Sangat berbeda dengan emas yang pernah mengalami kejadian yang tidfak separah bitkoin dimana emas mengalami ketidakstabilan dalam hitungan puluhan Dollar saja. Intinya disini adalah emas dikatakan lebih stabil dibandingkan dengan bitcoin.

2. Permintaan akan emas datang dari sumber yang lebih beragam

Emas dan bitcoin juga dapat dibedakan dari permintaan. Banyaknya permintaan pada suatu barang, secara otomatis akan mempengaruhi harga. Seperti apa yang kita ketahui, permintaan akan emas diktakan lebih beragam dibandingkan dengan bitcoin. Mengapa permintaan bitcoin dikatakan lebih sedikit daripada emas? Ini dikarenakan bitcoin hanya memiliki 2 kegunaan seperti sebagai alat pembayaran dan juga aset.

3. Bitcoin diciptakan dengan komputer, sedangkan emas merupakan sumber daya alam

Antara bitcoin dan emas memiliki banyak sekali perbedaan. Perbedaan antara keduanya yang paling menonjol adalah dimana bitcoin yang dikatakan berasal dari komputer dan harus dilakukan dengan beberapa cara yang dikatakan rumit. Sementara emas adalah hasil dari alam murni dan untuk mendapatkannya terbilang sangat sulit dengan melakukan penggalian atau penambangan.

4. Bitcoin dapat digunakan sebagai alat pembayaran, sedangkan emas tidak bisa

Perbedaan yang selanjutnya dari bitcoin dan emas adalah bitcoin dapat dijadikan sebagai alat pembayaran dan tidak untuk emas. Jika kita ingat sejarahnya, pada jaman dahulu sebelum adanya uang, emas digunakan sebagai alat tukar. Dan kini setiap melakukan transaksi jual beli, sudah menggunakan uang kertas dan juga koin serta juga bisa menggunakan bitcoin.

Bitcoin adalah sebuah alat pembayaran yang bersifat elektronik dimana kehadirannya telah ada sejak tahun 2009 yang lalu oleh sekelompok yang bernama Satoshi Nakamoto. Pada saat itu bitcoin dianggap sebagai hasil teknologi luar biasa yang dinilai sebagai mata uang terbaru.

Setelah anda membaca banyak hal mengenai Bitcoin seperti yang ada diatas, mudah-mudahan dapat menambah pengetahuan anda. Demikian artikel ini kami berikan, selamat membaca dan sampai jumpa lagi.

 

Related Articles

Close